Bupati Lahat Hadiri Peringatan Hari Kartini ke-140

27

Sumateranews.co.id, LAHAT – Bupati Lahat menghadiri Acara Peringatan Hari Kartini Ke-140 di Kabupaten Lahat dengan mengusung tema, “Semangat Kartini Memperkuat Daya Cipta dan Kreativitas Perempuan Milenial”. Acara tersebut, digelar di Gedung Kesenian (GK) Kabupaten Lahat, Rabu (24/04/19).

Hadir pada peringatan hari Kartini Ke-140 Tahun 2019, Forkompimda Kabupaten Lahat, Ketua DPRD Kabupaten Lahat Samarudin SH, Dandim 0405 Lahat, Waka Polres, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda Lahat, Dansub Denpom, Ketua TP PKK Lidya Wati Cik Ujang, Wakil Ketua TP PKK Sumiati Haryanto, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Chandra Kartika, Pimpinan Bank Sumsel Babel, Ketua Persatuan Istri Anggota Dewan, Jajaran OPD, Camat, Lurah serta seluruh undangan.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang, mengulas sejarah singkat RA Kartini yang lahir di Jepara 21 April 1879. Beliau adalah anak seorang bangsawan yang masih sangat taat kepada adat istiadat. Setelah lulus dari sekolah dasar, ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi lagi oleh orang tuanya dan ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan.

“Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tidak berani karena takut dianggap anak yang durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku- buku pelajaran dan ilmu pengetahuan. Yang kemudian ia membaca buku tersebut di taman rumahnya yang ditemani oleh pembantunnya,” ceritanya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang, SH. dalam sambutannya juga menyampaikan hal yang sama, sebagaimana diketahui peringatan hari Kartini yang Ke-140 ini, perempuan merupakan tokoh sentral yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa. Kemampuan ini, memerlukan pondasi yang kuat serta percaya diri yang tinggi.

“Hal tersebut, yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan tatanan kehidupan masyarakat yang terkait dengan posisi kaum perempuan. Atas Perjuang Raden Ajeng Kartini, kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat. Dan tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan social,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga diisi berbagai macam lomba, di antaranya memasak nasi goreng. Dan Bupati Lahat dalam kegiatan tersebut juga meninjau kegiatan pemeriksaan IVA Test dan Pelayanan KB yang dilaksanakan serentak di seluruh Puskesmas di Kabupaten Lahat.

 

Laporan          : Novita/Idham

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here