NasionalPemprov Sumsel

Alex Noerdin Jamin Transportasi Asian Games Lancar

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Kesiapan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018 sudah sepantasnya tak perlu diragukan lagi. Khususnya dari sisi transportasi selama pelaksanaan event olahraga terakbar di Asia tersebut.

Hal tersebut dipertegas Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat menjadi narasumber pada diskusi panel dengan topik Kesiapan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam penyelenggaraan Asian Games XVIII kepada peserta Apel Kasatwil tahun 2018 di Auditorium PTIK-STIK Jakarta Selatan, Kamis (3/5/18).

Menurutnya tuan rumah Palembang tidak memiliki masalah sama sekali mengenai transportasi selama Asian Games karena semua fasilitas olahraga terpusat di Jakabaring Sport City. Semua venue bahkan dapat dicapai melalui lima akses, 1 ruas jalan tol, melalui Jembatan Ampera, Jembatan Musi IV dan Musi VI serta Light Rail Transit (LRT).

“Alhamdulillah di Asian Games kami tidak ada masalah dengan transportasi. Jangan khawatir dengan persiapan kita di Palembang, Insya Allah semua siap,” tegasnya.

Diskusi panel tersebut dihadiri Wakapolri, Komjen Pol. Syafruddin. Hadir juga narasumber lainnya Ketua Inasgoc, Erick Thohir dan Asisten Operasional (Asops) Kapolri, Irjen Deden Juhara. Peserta diskusi panel meliputi para Pejabat Utama Polri, seluruh Kapolda, Karo OPS dan Kapolres se-Indonesia.

Saat ditanya mengenai hambatan yang dihadapi dalam persiapan Asian Games, Gubernur Alex Noerdin mengakui bahwa yang utama adalah dana karena Sumsel bukan Provinsi terbesar dan terkaya. Untuk itu Sumsel tak pernah lelah berupaya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah pusat berupa pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games.

“Istilah orang palembang walaupun buntu kami masih tetap bisa membangun. Berkat Asian Games, kami mendapat 4 ruas jalan tol, dua jembatan baru, flyover, LRT dan lainnya,” ungkap Alex.

Mengingat perjuangan yang tak sedikit itu, Alex mengatakan Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan seperti menjadi taruhan lahir batin. Dengan segala kekurangannya Sumsel bertekad memberikan yang terbaik untuk suksesnya Asian Games.

“Saya gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan terima kasih kepada Polri yang telah mendukung Asian Games di Palembang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Inasgoc, Erick Thohir mengatakan, persiapan Asian Games berjalan lancar berkat kerja bersama, mulai dari Pemerintah Daerah sebagai tuan rumah penyelenggaraan termasuk juga seluruh unsur baik TNI maupun Polri.

Menurutnya, Asian Games memiliki dampak positif yang cukup banyak bagi Indonesia, mulai dari promosi visi Indonesia di mata dunia. Belum lagi dampak pembangunan infrastruktur, pembangunan karakter bangsa yakni persatuan, kebersihan, dan lainnya. Kemudian banyak juga dampak ekonomi baik di sektor pariwisata, lapangan kerja dan investasi.

“Asian Games ini bukan event olahraga biasa, tetapi memiliki multi efek yang sangat luar biasa,” terang Erick.

Sementara itu, Asisten Operasional Kapolri, Irjen Deden Juhara mengharapkan melalui diskusi panel yang digelar ini seluruh Polda dan Polres di Indonesia dapat meningkatkan kegiatan kepolisian di daerah masing-masing.

“Semua kegiatan kepolisian kita minta ditingkatkan seperti pemberantasan kriminal, narkoba dan lainnya,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Rilis

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button