HeadlineOlahraga

AFC Hapus Kompetisi Piala Asia U-16 dan U-19

Sumateranews.co.id ─ Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan segera menghapus kompetisi Piala Asia U-16 dan U-19 dan menggantinya dengan kelompok umur baru.

Komite Kompetisi AFC merekomendasikan untuk mengubah dua ajang tersebut menjadi Piala Asia U-17 dan U-20 mulai 2023 karena akan bermuara pada Piala Dunia U-17 dan U-20.

Pada pertemuan mereka di Muscat pada hari Senin, Oman di bawah kepemimpinan Saoud Al Mohannadi, pihak AFC mendengar laporan dari tim penilaiaan Komite Teknis AFC, yang telah dibentuk untuk meninjau kompetisi kelompok usia AFC, dan mereka merekomendasikan kelayakan terpadu.

Tim penilaian komite teknis AFC merasa ada kebutuhan untuk mengubah struktur untuk membantu pengembangan pemain. Mereka juga menekankan perlunya pemeriksaan integritas lanjutan serta pendidikan bagi pemain muda yang akan diminta untuk menandatangani kontrak dan menjalani tes MRI yang berjalan sesuai dengan praktik saat ini.

Kejuaraan AFC U-17 dan U-20 yang baru akan dimainkan di tahun yang sama dengan turnamen FIFA dan akan disesuaikan dengan kualifikasi pada tahun sebelumnya. Edisi pertama kejuaraan baru akan dimulai dengan kualifikasi pada tahun 2022 dan putaran final pada tahun 2023 untuk memberi Anggota Asosiasi waktu lebih banyak untuk persiapan.

Komite Kompetisi AFC juga diberitahu tentang peningkatan Gugus Tugas Kompetisi yang diketuai oleh Mariano Araneta Jr dan terdiri dari empat anggota Komite Kompetisi AFC dan perwakilan dari 10 Liga teratas di Asia.

Pertemuan pertama akan diadakan di Muscat pada hari Selasa di mana kompetisi klub kalender dan semua hal yang berkaitan dengan Kompetisi AFC Club akan dibahas dan laporan akan diserahkan kepada Komite Kompetisi AFC.

Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Indonesia memunculkan Arab Saudi sebagai juara. Sedangkan untuk U-16 dimenangkan oleh Jepang.

 

Sumber : Bolalob

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button