Uncategorized

Babinsa Koramil 418-06/Kamboja dan Puskesmas Kemuning Sosialisasi & Pemberian Imunisasi Difteri

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Guna mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dalam menanggulangi penyakit difteri, Serda Suraidi Babinsa Koramil 418-06/Kamboja Kodim 0418/Palembang bersama Puskesmas Kemuning Kota Palembang melaksanakan sosialisasi penyakit difteri serta pemberian imunisasi difteri kepada siswa siswi SDN 162 Jalan R. Sukamto Lrg Rawa Bening RT 02 RW 01 Kel. Pipa Reja Kec. Kemuning Kota Palembang, Jumat (23/3/2018).

Dokter Puskesmas Kemuning dr Ria dalam sosialisasinya menyampaikan, bahwa serangan wabah penyakit difteri di berbagai daerah terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tahun ini wabah penyakit mematikan tersebut disebutnya sebagai kejadian luar biasa. Untuk itu Pemerintah Pusat telah mencanangkan kegiatan sosialisasi ORI (Outbreak Response Immunization) difteri di seluruh nusantara, termasuk di wilayah Puskesman Kemuning ini. “ORI difteri perlu dilakukan tiga kali untuk membentuk kekebalan tubuh dari bakteri Corynebacterium Diphteriae. Kita akan melaksanakan ORI gelombang kedua yang merupakan imunisasi terhadap wabah KLB (kejadian luar biasa) Difteri,” jelas Ria.

Lebih lanjut, dokter Ria berharap mudah-mudahan  dengan sosialisasi ini siswa siswi bisa mengetahui gejala penyakit difteri dan tahu cara pencegahannya. “Sosialisasi ini sebagai pembelajaran bersama di kalangan pelajar untuk mengerti apa itu difteri, dengan harapan meningkatkan kesadaran siswa tentang hidup sehat bebas dari difteri. ‎Mari kita bekerja sama antar instansi terkait guna mensukseskan program imunisasi di wilayah kita sehingga anak anak bebas dari difteri,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SDN 163 Farida Asrani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa dan Puskesmas yang telah melakukan sosialisasi dan vaksinasi difetri di sekolahnya, “Dengan sosialisasi difteri ini, siswa siswi dapat mengerti dan paham betul akan bahaya penyebaran penyakit difteri sehingga sangat penting digelarnya sosialisasi dan program imunisasi difteri agar anak-anak generasi muda terhindar dari penyakit difteri,” tuturnya.

Babinsa Koramil 418-06/Kamboja Serda Suraidi juga mengimbau kepada seluruh siswa siswi apabila merasa tidak enak badan atau sakit di tenggorokan saat menelan, suara serak, kesulitan bernafas, demam dan menggigil segera konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat supaya bisa terdeteksi sakit apa yang menyerang, jangan-jangan gejala tersebut merupakan serangan virus difteri,’’ ujar Suraidi.

Sumber          : Pendam  II

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button