PALISecond Headline

2020, PALI Bangun 8.000 Jaringan Pipa PDAM dan 2.000 Gas RT

Bupati PALI Buka Gerakan Kampung KB Lansia dan Balita

Sumateranews.co.id, PALI – Pemerintahan kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) dibawah komando Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM terus meninkatkan pembangunan dan fasilitas pelayanan kepada masyarakatnya. Diantaranya, pada tahun 2020 nanti, PALI akan membangun fasilitas air bersih sebanyak 8.000 sambungan pipa PDAM, dan 2.000 gas sambungan rumah tangga (RT).

Hal itu disampaikan Heri, saat membuka acara Gerakan Kampung KB di Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Kamis (04/04/2019).

“Alhamdulilah, dua bulan lalu PDAM sudah beralih ke kita (PALI, red), dan insyaallah di tahun depan kita akan memasang pipa PDAM dari Desa Muara Sungai dan jaringan induk sebanyak 8.000 jaringan air bersih yang akan kita berikan ke masyarakat secara cuma cuma dan gratis,” ungkap Heri, dalam sambutannya, yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari para tamu undangan.

Tak hanya membangun fasilitas air bersih, pemerintah juga dikatakan Heri, akan memasang Jaringan Gas sebanyak 2.000 sambungan gas RT, yang semuanya dia harapkan dapat menggurangi beban masyarakat.

“Inilah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat PALI, sebagai orang tua tentunya untuk memberikan ke anak-anaknya bukan uang semata, melainkan  program – program kesejahteran seperti ini,” tukasnya.

Masih dikatakan Heri Amalindo, yang hadir didampingi Bunda Paud sekaligus ketua Tim PKK, Ir Hj Sri Kustina Heri Amalindo, melalui program Tim PKK Kabupaten PALI sudah memberangkatkan kepala desa yang telah melunasi program jamban sehat yang dijanjikan ketua Tim PKK bagi desa yang telah melunasi program tersebut akan diberangkatkan umroh.

“Dan ini sudah terbukti, Tim PKK sudah memberangkatkan umroh bagi kepala desanya yang telah melunasi program bebas meseng (BAB) sembarangan,” imbuhnya.

Bahkan, sambung Heri, melalui program tersebut daerah Kabupaten PALI mendapat peringkat ke-30 Kesehatan secara nasional, dan peringkat pertama di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Alhamdulilah lewat program ini, Kabupaten PALI mendapat peringkat ke 30 kesehatan secara nasional, dan peringkat pertama di Provinsi Sumatera Selatan. Ini semua tak terlepas dari kerja keras dan perjuangaan ketua Tim PKK, yang saat ini sedang cuti karena mencalonkan diri sebagai calon DPR RI,” ujarnya.

Dari program Gerakan Kampung KB ini, lanjut Heri, dia berharap bisa mewujudkan keluarga sejahtera dan masa depan anak – anak kita supaya sehat, kuat dan cerdas supaya Kabupaten PALI dapat melahirkan anak – anak yang berkualitas. Untuk itu, jagalah usia pernikahan dan jarak melahirkan,” sambung Heri, menjelaskan.

Sementara itu, Gerakan Kampung KB dan pemberian makanan tambahan bagi Balita dan Lansia dilaksanakan dengan bekerja sama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) dengan tema “Melalui Kampung KB Kita Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga”.

“Gerakan Kampung KB di Desa Suka Damai ini sebagai wahana masyarakat untuk menjalankan program-program kualitas hidup masyarakat desa menuju pembangunan keluarga kecil yang sejahtera dan berkualitas,” ujar kepala Dinas PPKBPPPA, Yenni Noprianti.

Melalui Gerakan kampung KB sambung Yenni, pihaknya memberikan pelayanan seperti KB gratis, Pap Smear serta pembuatan KK, KTP, KIA dan pembagian sembako kepada 50 Lansia dan Makanan sehat kepada 50 anak.

“Semua ini, tak lepas dari dukungan ketua TP PKK yang mana beliau telah banyak membantu kampung KB di Kabupaten PALI, dan juga beliau sudah banyak mengantongi prestasi terlebih melalui program jamban sehat PKK PALI, yang sudah mendapatkan predikat pertama dari Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Laporan : Gustian

Editor     : Donni

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button